Home Cirebon-Jabar Terkait Demo Memanfaatkan Anak Sekolah, TNI dan Polri Bina SMK Negeri 1...

Terkait Demo Memanfaatkan Anak Sekolah, TNI dan Polri Bina SMK Negeri 1 Kapetakan

Jejakkasustv.com l Cirebon – TNI dan Polri adakan gelar acara pembinaan pada siswa dan siswi SMK Negeri 1 Kapetakan, dengan menghadirkan semua anak -anak sekolah SMK Negeri 1 Kapetakan, Kamis (26/9/2019) pagi, bertempat di SMK Negeri 1 Kapetakan, Desa Kapetakan, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Hadir dalam acara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kapetakan Arifudin. S. Pd. MT, Anggota Koramil 2021/Kapetakan Sertu Agus Dwi.R, Kasi Bimas Polsek Kapetakan Aiptu Beni Kurniawan, Aiptu Saidi, Bhabinkamtibmas Desa Kapetakan Bripka Yudhi Pramono dan Siswa-Siswi SMK Negeri 1 Kapetakan.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kapetakan Arifudin.S.pd mengatakan tujuan dari pada acara pembinaan adalah untuk memberikan pemahaman dan pengarahan pada anak-anak SMK Negeri 1 Kapetakan agar tidak terpancing terhadap penerimaan informasi yang tidak jelas sumbernya.

“Materi yang kami berikan adalah untuk menyikapi situasi media informasi dan sekaligus menekankan pada anak-anak SMK Negeri 1 Kapetakan, agar hati-hati terhadap informasi yang masuk dan menyaringnya baik yang valid maupun yang tidak, sehingga anak-anak tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang mempunyai kepentingan, atau terselubung,” ujar Arifudin.

Ditanya soal antisipasi terhadap situasi yang berkembang baru-baru ini, Arifudin mengatakan kami dari pihak sekolah memberikan suatu pemahaman bahwa informasi yang di terima harus dari media yang kredibel.”Itu sudah lama di sosialisasikan bahkan SMK Negeri 1 Kapetakan mempunyai komunitas literasi, sehingga dengan melekterasi anak tidak termakan hoax, itu salah satu cara bagaimana menekan laju hoax. Selain itu juga dari guru pembimbing masing-masing kelas secara masip, menyatakan agar hati-hati menerima informasi,” papar Arifudin.

Lanjut Arifudin adapun bentuk pembinaanya di SMK Negeri 1 Kapetakan, kami melakukan pendekatan dengan anak-anak melalui metode SANTRI karena anak butuh sentuhan-sentuhan, sehingga kami menggunakan pola yang berganti-ganti.”Hari Senin upacara bendera, Selasa tentang Lingkungan H idup (LH), Rabu tentang informasi yang sifatnya persekolahan, Kamis tentang pembinaan jasmani dan hari Jum’at tentang kerohanian. Di setiap Jum’at anak-anak ngaji dan baca Alqur’an dan Sholawatan,” ujar Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kapetakan.

“Alhamdulillah SMK Negeri 1 Kapetakan sudah terakreditasi dengan 508 anak dan baru terdapat dua jurusan, yaitu TBSM dan Bisnis Perikanan, sudah sangat maju walaupun baru seumur jagung keberadaannya, baik dari mutu pendidikan maupun fasilitas belajar-mengajar,” ujarnya lagi.

“SMK Negeri 1 Kapetakan mempunyai misi sekolah yang menghasilkan kewirausahaan yang berbasis keunggulan lokal dan memiliki keunggulan koperatif, karena melihat faradigma SMK Negeri 1 Kapetakan, harus dirubah karena bukan jamannya lagi SMK, jadi pekerja pabrik tetapi bahwa SMK harus jadi wirausahawan, tetapi tidak menutup kemungkina untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi walaupun orientasinya bukan untuk melanjutkan, tetapi kami paksa untuk mengharuskan agar anak-anak meneruskanya,” tambahnya.

Arifudin berharap agar anak-anak SMK Negeri 1 Kapetakan dapat menciptakan kewirausahaannya di masa depan nanti.

Sementarauntuk Aiptu Beni Kurniawan mengatakan bahwa pembinaan di SMK Negeri 1 Kapetakan adalah menyampaikan pemahaman terhadap anak-anak SMK Negeri 1 Kapetakan, agar jangan sampai termakan informasi-informasi yang tidak bertanggung jawab, terkait adanya demo yang memanfaatkan anak sekolah.

“Kami menghimbau agar anak-anak SMK Negeri 1 Kapetakan, mencermati informasi yang didapat, bila perlu laporkan pada guru, manakala terdapat informasi yang sifatnya kurang jelas dan menyesatkan,” tegasnya. (Caswila)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULER

Muskerkab Dan Pelantikan Cabor PODSI Kabupaten Mojokerto Resmi Di Kukuhkan.

Jejakkasustv.com | Kabupaten Mojokerto - Jawa Timur – Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (PODSI) Kabupaten Mojokerto priode 2020-2024 telah resmi di lantik oleh...

Sidang Lanjutan Gugatan Kepada PT. Griya Mapan Sentosa Memanas

Surabaya | Jejakkasustv.com - Sidang Perkara Gugatan tanah seluas (Dua puluh tiga ribu sembilan ratus meter persegi), yang terletak di sisi pantai tambak wedi...

Ratusan Masa Melakukan Aksi Unjuk Rasa “Menolak Politisasi Demokrasi/ASN”

INDRAMAYU| www.jejakkasustv.com Ratusan massa yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat se-Kabupaten Indramayu, Senin (19/10/2020) sekira pukul 09.00 WIB, mendatangi kantor Dewan DPRD Kabupaten Indramayu,...

Sidang Lanjutan Gugatan kepada PT. Griya Mapan Sentosa Terus Memanas

SURABAYA| www.jejakkasustv.com Sidang Perkara Gugatan tanah seluas (Dua puluh tiga ribu sembilan ratus meter persegi), yang terletak di sisi pantai tambak wedi terus memanas...

Recent Comments