Ruwantan Desa / Sedekah Bumi Merupakan Momen Penting Bagi Warga Kampung Buyuk, Desa Bringkang

  • Whatsapp

Gresik | Jejakkasustv.com – Tradisi “upacara /ritual ruwatan” hingga kini masih dipergunakan orang jawa, sebagai sarana pembebasan dan penyucian manusia atas dosanya/kesalahannya yang berdampak kesialan di dalam hidupnya.


Sementara itu Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

Read More

Tepatnya hari minggu tanggal 15 september 2019, kampung Buyuk, Desa bringkang, Kecamatan menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur melaksanakan Hajatan kampungyang di namakan Ruat desa/sedekah bumi, yang mana sudah ter agendakan setiap tahun.

Sebelumnya pada malam hari, acara di awalli dengan doa bersama, melalui pembaca’an Al fatikhah dan Istighosah.

Pagi harinya, semua masyarakat buyuk, Desa bringkang, bersinergi berbagai kalangan antar warga bersama sama beberapa tokoh masyarakat, Kepala Desa beserta perangkatnya, petani, pengusaha, muda mudi dan karang taruna dengan di pantau langsung keamanannya oleh Boby Rahman (Bhabinkamtipmas) dan Karda (Babinsa), untuk melakukan Lounmart mengelilingi kampung buyuk sambil mengarak hasil tani palawija, yang di hias seperti Tumpeng Besar merupakan tanda simbul rasa syukur masyarakat kampung buyuk..
Menurut keterangan kepala desa Sukarno 56 tahun, kepada tiam Jejakkasustv.com, saya sangat bersyukur dan terima kasih kepada semua masyarakat Buyuk, Utamanya Muda mudinya,karena dengan rasa ke bersamaan dan persatuannya bisa mewujudkan kesejahteraan yang baik di dalam kampung buyuk, walaupun, sedikit ada Gesekan dan perbeda’an di tengah masyarakat.sepertinya sebagian masyarakat tetap ingin mempertahankan tradisi nenek moyang, yang mana terkait tempat acaranya salamatan sedekah bumi.yang di punden telaga buyuk punyai.

Seperti tahun sebelumnya menurut sukarno itupun tidak menjadikan soal, yang penting apapun per beda’annya, masyarakat kampung buyuk tetap bersatu,saling menghormati satu sama yang lain.
Kepada Jejakkasustv.com Boby Rahman selaku Bhabinkamtipmas desa Bringkang dan Karda Bhabinsa,menghimbau kepada masyarakat kampung buyuk desa bringkang, untuk bisa menjaga ke amanan dan persatuan juga saling menghormati satu sama yang lain karena dengan adanya perbeda’an di masyarakat buyuk, akibat miss komonikasi. (Hasan Pria sakti JK TV Gresik Melaporkan.)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *