Padat Karya Sembako Program Marasa Desa Rambusaratu Telah di Salurkan

  • Whatsapp

MAMASA| Program Marasa merupakan program lokal provinsi Sulawesi barat yang mendukung upaya pembangunan dan peningkatan status desa. Program marasa menjadikan indeks desa membangun ( IDM ).Sebagai rujukan dalam penentuan lokasi khusus desa sasaran.
Untuk pelaksanaan program tahun 2019 menggunakan data IDM tahun 2018 dan seterusnya untuk setiap pelaksanaan program tahun berjalan menggunakan data IDM Tahun sebelumnya.
Pendekatan pelaksanaan program MARASA menggunakan metode DIET program kegiatan artinya desa hanya dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan menuh prioritas kegiatan yang berdampak langsung pada peningkatan status IDM tahun 2019 program ini menetapkan 72 desa lokasih khusus dengan alokasi bantuan keuangan khusus ( BKK ) Provinsi melalui APBD provinsi Sulawesi barat tahun anggaran 2019 sebesar Rp.300.000.000 setiap desa.
Tahun 2020 saat ini provinsi Sulawesi barat mengusung tema pembangunan meretas ketertinggalan desa dengan menetapkan 190 desa lokasih khusus dengan alokasi BKK setiapa desa sebesar Rp.200.000.000.
Melalui support program tersebut. Namun kali ini de tengah pandemik covid19 program Marasa juga dapat di gunakan untuk penanganan covid 19 30 persen dari anggaran.
Seperti yang terjadi di desa rambusaratu kecamatan Mamasa kab.mamasa provinsi Sulawesi barat baru baru ini menyalurkan sembako yang bersumber dari dana Marasa pada tanggal 12 Oktober 2020.namun sebelum menerimah bantuan sembako berupa beras,minyak goreng dan gula pasir .
Terlebih dahulu masyarakat penerimaan mamfaat melakukan kerja bakti bersama bersifat padat karya di beberapa titik.
Setelah kerja bakti di anggap selesai maka masyarakat penerimah maafaat langsung menuju kekantor desa untuk menerimah bantuan sembako.
proses penerimaan sembako di saksikan langsung oleh camat Mamasa HESRON LULULLANGI,
danramil Mamasa KAPTEN MB HABEL beserta beberapa anggotanya, pendamping desa yulianus.spd ,Arruan ponno, ETY ROSMAYATI Dan pendamping lokal desa rambusaratu HERDA.

CAMAT MAMASA HESRON LULULLANGI dan kepala desa rambusaratu ALBERT Saat di wawancara oleh wartawan jejak kasustv.com menyatakan bahwa kami atas nama pemerintah kecamatan dan pemerintah desa sangat bersyukur dengan adanya program MARASA. Mandiri,cerdas,sehat.salah satu program lokal provinsi Sulawesi barat
Di tempat yang sama Hesron menambahkan bahwa sebelum penyaluran sembako kami adakan kerja bakti bersama di bantu oleh anggota danramil mamasa,anggota Polsek Mamasa,pendamping desa.dan terkhusus masyarakat penerimah manfaat tambahnya. IRWAN YAKUB JKTV MAMASA MELAPORKAN.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *