Tradisi Unjungan dan Ziarah Bersama ke Makam Leluhur Pendiri Desa Kertasura

  • Whatsapp

Jejakkasustv.com l Cirebon – Bagi warga Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, memegang teguh tradisi atau melestarikan budaya lokal berupa tradisi Unjungan merupakan kewajiban tersendiri.

Masyarakat Kabupaten Cirebon, secara turun temurun mengenalkan tradisi Unjungan kepada anak dan cucu.

Read More

Tradisi Unjungan itu pun meski berbiaya tinggi, namun tetap dilaksanakan karena untuk keselamatan bersama serta dianggap bisa tolak bala.

Seperti halnya warga Desa Kertasura, Kecamatan Kapetakan sampai sekarang rutin menggelar tradisi Unjungan dan ziarah bersama ke makam leluhur pendiri desa.

Menurut Juru Kunci Desa Kertasura Sajak, Sabtu (7/11/2020) di sela-sela acara Unjungan mengatakan, Unjungan rutin dilakukan dan diikuti oleh hampir seluruh warga Desa Kertasura. Tradisi unjungan adalah tradisi sakral dalam menjunjung tinggi adat istiadat warga Desa Kertasura.

Adapun, menurut Sajak, intisari dari tradisi unjungan adalah ziarah dan berdoa kepada para leluhur yang sudah tiada. Selain itu, tradisi Unjungan juga sekaligus sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar warga.

Sajak menjelaskan, dalam pelaksanaannya seluruh masyarakat berkumpul di Pesarean Kebuyutan di Desa Kertasura, lalu melaksanakan doa bersama dan pengajian umum.

Habis berdoa masyarakat arak-arakan bersama Kepala Desa (Kuwu) dan perangkat desa. Menjadi acara intinya, warga arak-arakan dengan berkeliling desa.

Sajak menyatakan,tradisi Unjungan selalu dinanti masyarakat setiap tahunnya. Kegiatan ini juga membuktikan bahwa, kekompakan serta gotongroyong antar warga selalu terjaga.

Acara Unjungan di Desa Kertasura dimeriahkan dengan hiburan Wayang Kulit Ringgit Purwa Prawa Sejati dengan Ki Dalang Sudarso.

Caswila/Erdan Faizal JK TV Melaporkan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *