Home Situbondo Rencana Tol Probowangi Bakal Terjang 46 Desa se Kabupaten Situbondo

Rencana Tol Probowangi Bakal Terjang 46 Desa se Kabupaten Situbondo

Situbondo | Jejakkasustv.com –

Kali ini Konsultasi Publik Seksi 2 (dua) Rencana Pembangunan Jalan Tol Probowangi dilaksanakan di pendopo Kecamatan Panji. Termasuk Kecamatan Panji sebanyak 4 desa, akan terkena imbas proyek pembangunan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) dan secara keseluruhan diperkirakan membutuhkan tanah seluas 1.072 Ha yang melewati 46 desa serta 14 Kecamatan di wilayah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kamis, (05/09/2019).

Sebelumnya sosialisasi dilaksanakan di Kecamatan Panarukan meliputi (Desa Kilensari, Paowan, Sumber Kolak) dan Kecamatan Kendit (Desa Klatakan). Kecamatan Panji meliputi (Desa Panji Lor, Desa Panji Kidul, Kelurahan Mimbaan dan Kelurahan Ardirejo). Dan akan berlanjut di beberapa kecamatan dan desa.

Dihadiri Pemprov Jatim, Kanwil BPN Jatim, Wabup Situbondo, Pejabat Pembuat Komitmen (PKK) Probowangi II, Camat Panji, Kapolsek Panji, Danramil Situbondo, Kadis PUPR Situbondo, BPN Situbondo, Pemkab Situbondo dan ratusan pemilik tanah yang dilewati Jalan Tol diantaranya Desa Panji Lor ada 130 undangan, Desa Panji Kidul ada 10 undangan, Kelurahan Ardirejo ada 8 undangan dan Kelurahan Mimbaan ada 92 undangan.

Pada kesempatan itu, Agus Dwinarno, ST., Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan tanah tol tersebut, menjelaskan.

“Hal ini tentunya dari proses pembebasan lahan dilaksanakan secara terbuka. Dan juga yang menjadi dasar hukum antaranya UU No. 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, Perpres No.71 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum”, jelasnya.

Menurut Dwi Mardiana selaku Konsultasi Publik pengadaan tanah seksi 2, dengan menggaris bawahi jika nantinya pemilik lahan akan mendapatkan informasi langsung dari pelaksana, bukan dari pihak lain guna mendapatkan haknya dari pemerintah atas pengadaan lahan. Kabupaten Situbondo dengan terlewatinya jalan tol bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat semakin sejahtera dan makmur”, ujarnya.

Wabup Situbondo, Ir. Yoyok Mulyadi mengatakan kalau proyek jalan Tol Probowangi tentunya akan ada pembebasan lahan, Pembebasan lahan itu bukan lagi ganti rugi melainkan masyarakat akan mendapatkan ganti untung”, katanya.

Yoyok mengingatkan kalau misal masyarakat ada yang mau ditanyakan.

“Silahkan datang kepada saya secara langsung”, pungkasnya. (St1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULER

Recent Comments