Home Uncategorized Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2019 Desa Sumberwaru, Wringinganom di Pungut...

Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2019 Desa Sumberwaru, Wringinganom di Pungut Biaya Rp. 586.000 (Lima ratus delapan puluh enam ribu rupiah).

Jajakkasustv.com | Kabupaten Gresik, Jawa Timur – Sabtu 27 Juli 2019 menindaklanjti hasil temuan data lapangan, Gabungan NGO PMBDS dan Media melakukan penelusuran terkait dugaan pungli program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019 di Desa Sumberwaru, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.


Badan Pertanahan Nasional atau BPN Gresik, Propinsi Jawa Timur optimistis Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2019 sesuai target 53.500 tanah dari 61.000 peta bidang.

Untuk mencapai target 61 ribu selesai, BPN menargetkan penyelesaian 3 ribu berkas per hari dengan asumsi sebulan mencapai 52 ribu dan pada bulab Juni, BPN sudah merampungkan proses pendaftaran dan pengukuran hingga 100%.

Dalam pantauan Jejakkasustv.com : Biaya Anggaran bagi yng mengikuti PTSL aturan yang berlaku seperti surat keputusan bersama tiga menteri hanya Rp 150.000.

Meskipun “BPN telah membentuk 7 tim melaksanakan program PTSL 2019 di 41 desa di 5 kecamatan Kabupaten Gresik, untuk mensukseskan program ini, BPN Gresik juga dibantu oleh Pegawai Tidak tetap serta Pejabat Pembuat Akte Tanah (PPAT). Namun pihak terkait diduga tidak mengetahui kalau Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)di Desa Sumberwaru, Kecamatan Wringinanom ada dugaan penyimpangan Hukum, Yakni : Seharusnya per peserta PTSL membayar Rp. 150.000 sesuai peraturan menteri, Faktanya perpeserta mbayar Rp. 586.000 (Lima ratus delapan puluh enam ribu rupiah). sesuai yang tertuang du kwitansi pembayaran.

Sementara itu Kades H. Mohamad Ali yang pada waktu itu menjabat saat ini turun dari jabatan dan mencalonkan lagi sebagai Kepala Desa Sumberwaru melalui handphone selulernya Whatsaap 0813302504XX Tidak aktif, Melalui SMS 0813302504XX membenarkan kalau nomor tersebut nomornya. Ketika di minta Jejakkasustv.com membuka whatsapp nya beliau enggan untuk mengaktifkannya. Lebih lanjut ketika di tanya mengenai kontak Sholisan selaku ketua panitia PTSL, Jawabnya Pak Sholisan tidak memakai hp, tutupnya. minggu 28 juli 2019.

Adanya temuan hal ini NGO PMBDS dan Jejakkasustv.com akan Berkoordinasi dengan Kapolres Gresik, AKBP Wahyu S Bintoro SH. S. I. K. MSI dan mendatangi Kantor Polres Jl. Basuki Rahmad No. 22 Kecamatan / Kabupaten Gresik, Jawa Timur. (Pria Sakti).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULER

Recent Comments