Home Lampung Polsek Lambu Kibang Tangkap Komplotan Pelaku Curat Rumah Kosong

Polsek Lambu Kibang Tangkap Komplotan Pelaku Curat Rumah Kosong

Jejakkasustv.com | Lampung – Jum’at (30/08/19)Polsek Lambu Kibang berhasil mengungkap kasus curat (pencurian dengan pemberatan) di rumah kosong yang sedang ditinggal oleh penghuninya.

Kapolsek Lambu Kibang Iptu Abdul Malik mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP Syaiful Wahyudi, SIK, MH mengatakan, peristiwa curat tersebut terjadi hari Jumat (30/08/2019), sekira pukul 21.00 WIB, di Tiyuh/Kampung Indraloka Jaya.

Adapun identitas korban yaitu Heri Purnomo (35), berprofesi tani, warga Tiyuh Indraloka Jaya, Kecamatan Way Kenanga, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Tertuang dalam Laporan Polisi Nomor : LP / 95 / IX / 2019 / Polda Lpg / Res Tuba / Sek Kibang, tanggal 04 September 2019,” ujar Iptu Malik, Kamis (05/09/2019).

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian dua buah sangkar burung, burung kacer dan HP (handphone) merk Samsung Galaxy Young 2 warna hitam, yang semua ditaksir seharga Rp. 5 Juta.

Kejadian curat ini bermula hari Jumat (30/08/2019), sekira pukul 19.00 WIB, korban keluar rumah dengan tujuan menjemput anaknya yang dititipkan di rumah orang tuanya. Posisi rumah orang tuanya tersebut berada satu kampung dengan korban, sekira pukul 21.00 WIB, korban pulang ke rumahnya dan setiba di rumah korban langsung masuk melalui pintu depan, lalu menuju ke dapur.

Disana, korban melihat dua buah sangkar burung, burung kacer dan HP miliknya sudah hilang, diperkirakan para pelaku masuk ke dalam rumah korban melalui atap kamar mandi lalu kabur melalui pintu belakang.

“Berbekal laporan dari korban, petugas kami terus melakukan penyelidikan untuk mencari pelakunya. Berkat keuletan dan kegigihan petugas dilapangan, hari Rabu (04/09/2019), sekira pukul 14.30 WIB, di Kampung Karang Mulya, Kecamatan Way Serdang para pelaku berhasil ditangkap,” ungkap Iptu Malik.

Adapun identitas para pelaku yaitu RU (15), berprofesi buruh, SU (36), JI (20) dan IT (29), yang sama-sama berprofesi tani. Mereka merupakan warga Kampung Karang Mulya, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji.

Pertama ditangkap adalah pelaku IT, dari tangan pelaku ini petugas berhasil menyita BB berupa HP merk Samsung Galaxy Young 2 warna hitam. Dari keterangan pelaku ini, BB tersebut didapatnya membeli dari pelaku JI seharga Rp. 50 Ribu. Petugas kami lalu menangkap pelaku JI, dari keterangan pelaku JI bahwa HP didapatnya dari pelaku RU dengan cara barter dengan seekor burung merpati nantinya.

Petugas lalu menangkap pelaku RU, menurut keterangan dari pelaku saat ditangkap, bahwa dia melakukan pencurian bersama dengan pelaku SU. Lalu dilakukan penangkapan terhadap pelaku SU, di rumahnya petugas kami berhasil menyita BB berupa dua buah sangkar burung.

Saat ini para pelaku sudah ditahan di Mapolsek Lambu Kibang, untuk pelaku RU dan SU akan dijerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke 4 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. Diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun.

Sedangkan pelaku JI dan IT akan dijerat dengan Pasal 480 KUHPidana tentang penadahan barang hasil kejahatan. Diancam dengan pidana penjara paling lama 4 tahun.(*)

 

#Polda Lampung #Polres Tulang Bawang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULER

Istri Cabup Paslon 02 Novita Hardini, menyambangi warga di Beberapa Wilayah Trenggalek

TRENGGALEK| Hari Selasa 13 Oktober 2020, ibu Novita Istri Calon Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, Novita Hardini menyambangi warga di beberapa lokasi di Kabupaten...

Cabup Nomor Urut 2 Kunjungi Salah Satu Pasar di Wilayah Kabupaten Ponorogo

PONOROGO|  Dinginnya udara malam, tak membuat surut semangat bakal Calon Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni bersama timses dan relawannya di saat berkunjung di...

Ipong – Bambang Terus Jalin Silaturrahmi Tidak Menyebar Berita Hoax dan Kebencian

PONOROGO|  Cabup -Cawabup Ponorogo, Ipong Muchlissoni - Bambang Tri Wahono kali ini melakukan silaturahmi bersama Pengurus Daerah ‘Aisyiyah di Kantor Pengurus Daerah Aisyiyah, Kamis...

Padat Karya Sembako Program Marasa Desa Rambusaratu Telah di Salurkan

MAMASA| Program Marasa merupakan program lokal provinsi Sulawesi barat yang mendukung upaya pembangunan dan peningkatan status desa. Program marasa menjadikan indeks desa membangun (...

Recent Comments