Polres Wonogiri Minta Masyarakat Mewaspadai Ancaman Hoaks Mendekati Pemilu 2024

WONOGIRI I jejakkasustv.com- Polres Wonogiri Polda Jawa Tengah, Polisi meminta masyarakat mewaspadai ancaman hoaks yang disebut semakin kencang saat mendekati Pemilu 2024.

Kasi Humas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo mengatakan hoaks perlu diwaspadai karena dapat memicu konflik dan merusak kondusifitas di tengah-tengah masyarakat.

Menurut dia, jelang pemilu 2024 hoaks terkait politik berpotensi lebih banyak muncul dibandingkan hoaks dengan tema lainnya. Menurut dia itu berdasarkan pengalaman di Pemilu sebelumnya.

“Kabar hoaks atau berita bohong terkait politik itu lebih mendominasi,” kata dia usai rapat koordinasi kehumasan di Kantor Bawaslu Wonogiri, Senin (20/11/2023).

Menurut dia di sejumlah wilayah sudah muncul hoaks terkait politik. Sementara itu di Wonogiri pihaknya belum menemukan hoaks terkait politik.

Dia meminta masyarakat mewaspadai ancaman hoaks yang kerap muncul di medsos. Sementara itu, jika ada pihak yang merasa dirugikan, pembuat hoaks bisa dihukum saat memenuhi syarat-syarat yang ada.

“Di 2019 kita ada temuan. Langkahnya kita laporkan ke Dinas Kominfo dan di take down,” jelasnya.

Dia menjelaskan sejumlah ciri-ciri kabar atau berita hoaks, misalnya judul konten yang provokatif, sumber informasi tak dapat dipercaya, penyajian tanggal tak sesuai, klaim tanpa dukungan data dan penggunaan fito atau video yang tidak akurat.

“Kita juga berupaya mengedukasi masyarakat lewat Satbinmas. Ada edukasi terkait kabar hoaks saat teman-teman turun,” pungkasnya.

  • Reporter: Hargo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *