Pelatihan Dasawisma, program pemberdayaan masyarakat desa tebing tinggi

  • Whatsapp

Jejakkasustv.com | Jambi – Hari kamis (28/11/2019), 10.30 wib. bertempat diaula kantor kepala desa tebing tinggi kecamatan maro sebo ulu, kabupaten batang hari.akan berlangsung pembukaan acara pelatihan ” Dasa wisma program pemberdayaan masyarakat desa ” Desa tebing tinggi dengan jumlah peserta (25) orang peserta.kegiatan pelatihan, direncanakan oleh panitia selama (3) hari mulai hari ini, sampai dengan hari sabtu (30/11/2019) acara di buka oleh bapak usman ishak (sekdes), dan diteruskan penyampaian oleh bapak : M.DIAH AHMAD. Jabatan Fungsional Umum dari kantor camat maro sebo ulu tentang: Pengertian kelompok dasa wisma. Kelompok dasa wisma adalah kelompok yang terdiri dari 10 – 25 kepala keluarga (KK). dalam satu RT. Setelah terbentuk kelompok, maka diangkatlah satu orang yang memiliki tanggung jawab sebagai ketua.

” Didalam kegiatan dasa wisma, yaitu pengembangan desa siaga, dilaksanakan melalui pembentukan poskesdes, yaitu salah satu upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dibentuk didesa dalam rangka mendekatkan/menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa yang meliputi kegiatan peningkatan hidup sehat, (promotif), pengobatan(Kuratif), yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (terutama bidan) dengan melibatkan kader atau tenaga sukarela lainnya.setelah penyampai bapak M.DIAH AHMAD Maka diteruskan oleh narasumber dari kabupaten batang hari : IBU SRIYATI STYANINGSIH.Amd. juga menyampaikan tentang : ” Tujuan Dasa Wisma ” tujuan kelompok dasa wisma ini, adalah membantu kelancaran tugas-tugas pokok dan program PKK desa. Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga.bentuk kegiatannya seperti, Arisan, pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat(PMT, pengobatan ringan,pembangunan sarana sampah dan kotoran).karna dasa wisma sebagai salah satu wadah, kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan program-program kegiatan gerakan PKK ditingkat desa, yang nantinya akan berpengaruh pula pada kegiatan gerakan PKK di tingkat kecamatan dan kabupaten.

Read More

” Maka dalam acara jam terakhir jadwal penyampaian Ibu JUNITA.SE.selaku narasumber dari kabupaten batang hari,menyampaikan tentang : peran Dasa Wisma. Dasa wisma sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK. dan memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera. untuk itu, diharapkan agar dasa wisma menjadi ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK dan program pemerintah karena sebagai mitra.
Banyak hal yang dapat dilakukan melalui dasa wisma seperti, melaksanakan kegiatan kerja bakti, mengadakan Lomba mengambil jentiknya sehingga dapat mengantisipasi munculnya penyakit demam berdarah.
Selain itu, terutama dalam hal administrasi dengan mengupdate data disetiap kepala keluarga (KK), usaha perbaiakan gizi keluarga. dan keluarga berencana (KB). dengan begitu keberadaan dasa wisma akan mempermudah koordinasi dan jaringan sehingga program-program PKK maupun yang melibatkan PKK, dapat berjalan tepat sasaran ungkap ibu Junita SE.

Masyhuri
Jejakkasustv.com
Batang hari melaporkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *