Operasi Aman Cendikia Kapuas 2023 Menjelang Kongres HMI Dan Munas Kohati

PONTIANAK I Jejakkasustv.com -, Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kalimantan Barat, Mohammad Bari, S.Sos., M.Si., menghadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Persiapan Kongres HMI dan Munas Kohati di Lapangan Januraga, Polda Kalbar, Selasa (21/11/2023).

Kapolda Kalbar yang bertindak sebagai Pembina Apel, Pipit Rismanto, S.Ik., M.H., menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan acara tersebut. Polda Kalimantan Barat, bekerjasama dengan TNI dan instansi terkait lainnya, mengumumkan pelaksanaan Operasi Aman Cendikia Kapuas 2023.

Operasi Aman Cendikia Kapuas 2023 bertujuan untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, mencegah potensi konflik, dan mendukung keberhasilan pelaksanaan Kongres HMI dan Munas Kohati.

Operasi ini juga dilaksanakan dengan memperhatikan kompleksitas situasi, mengingat pelaksanaannya bersamaan dengan masa kampanye Pemilu 2024 dan adanya event lainnya di Kalimantan Barat.

Hal ini karena Kalimantan Barat di dapuk menjadi tuan rumah dalam Kongres ke-32 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Musyawarah Nasional ke-25 Kohati yang akan berlangsung mulai dari 24 hingga 29 November 2023.

Operasi ini dilakukan sebagai tindakan preemtif, preventif, dan penegakan hukum untuk mengatasi potensi risiko keamanan yang dapat muncul selama kongres HMI dan Munas Kohati.

Menurut pernyataan yang disampaikan Kapolda Kalbar, diperkirakan kegiatan tersebut akan dihadiri oleh sekitar 4.000 peserta dari seluruh nusantara.

Adapun rangkaian acara tersebut mencakup kongres, forum, seminar, dialog, orasi besar, pidato ilmiah, dan kunjungan wisata di berbagai lokasi di Pontianak dan sekitarnya.

Oleh karenanya, dengan potensi konsentrasi massa yang tinggi, diperlukan langkah-langkah khusus untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

“Berdasarkan perkiraan intelijen, peserta yang hadir dalam event tersebut kurang lebih 4000 orang berasal dari seluruh Nusantara”, ungkapnya

Operasi Aman Cendikia Kapuas 2023 yang akan berlangsung selama 10 hari ini dimulai tanggal 22 November hingga 1 Desember 2023, melibatkan 2.368 personel di empat wilayah operasional, yaitu Polresta Pontianak, wilayah Polres Kubu Raya, wilayah Polres Sanggau, dan Polres Ketapang. Personel akan ditempatkan di titik-titik strategis untuk memastikan keamanan seluruh rangkaian acara.

Kapolda Pipit Rismanto juga menekankan pentingnya melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, menjaga tanggung jawab dan profesionalisme, serta menjalin kemitraan, sinergi, dan solidaritas dengan semua pihak terkait.

“Para pimpinan satgas dan subs harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada personel”, tegasnya.

Tak lupa, dirinya menyampaikan terima kasih dan harapan keselamatan kepada seluruh personel yang terlibat.

“Jalin Partnership Sinergitas Kolaborasi dan Soliditas dengan seluruh pihak karena itulah kunci utama keberhasilan dalam operasi.” tutupnya

Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Cendikia Kapuas 2023 turut dihadiri sejumlah pejabat lainnya yakni Asisten Operasi Kodam 12 Tanjungpura, Wakil Jaksa Agung Kalimantan Barat, dan perwakilan dari Lantamal 12 Pontianak serta Lanud Supadio.

Reporter : Hadysa Prana

Sumber : Adpim Prov Kalbar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *