Kirab Pusaka Ki Ageng Woroyudho Dalam Rangka Bersih Desa Bareng Ponorogo

  • Whatsapp

Jejakkasustv.com | Ponorogo – Desa Bareng, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, Rabu 26 Agustus 2020, malam menyelenggarakan Kirab pusaka Ki Ageng Woroyudho. Kegiatan bernuansa sacral tersebut di laksanakan pemerintah desa dan masyarakatnya dalam rangka bersih desa tahun 2020. Selain itu, kegiatan rutinan setiap tahun itu digelar untuk melestarikan adat dan budaya desa setempat. Tema yang di usung adalah, “Lampah Mubeng Desa Amorwo Bawono Tolak Pagebluk, Kinirap Pusaka Aji Ki Ageng Woroyudho”. Kegiatan berlangsung secara hikmat lancar dan sukses.

Kirab pusaka Ki Ageng Woroyudho Desa Bareng merupakan adat istiadat atau budaya kearifan local yang hingga kini masih dilestarikan di desa tersebut. Kegiatan kali ini tidak seperti biasanya mengingat saat ini tengah dilanda pandemic covid 19. Karena itu, kegiatan dilaksanakan secara sederhana namun meriah dengan tetap mematuhi protocol kesehatan.

Read More

Kegiatan di mulai dengan sungkeman unggul saji di makam Ki Ageng Woroyudho, di teruskan jam 9.00 kirap pusaka Ki Ageng Woroyudho yaitu Kebo Lajer dan Tilam Sari/lanange jagad, dan diteruskan lagi dengan pentas karawitan. Dan siang harinya digelar jaranan senterewe yang di gelar di Dukuh Bareng Desa Bareng.

Hadir pada acara tersebut jajaran Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo, Forpimcam Pudak, Kepala Desa Bareng, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Bareng, BPD, LPMD Desa Bareng, tokoh Agama dan tokoh desa Desa Bareng, dan juga seluruh warga desa setempat.

Kepala Desa Bareng Yahudi saat di konfirmasi mengatakan bawah, kegiatan Kirab pusaka Ki Ageng Woroyudho ini di lakukan di setiap tahun, dalam rangka Bersih Desa Bareng yang dikutui oleh seluruh jajaran pemerintah desa, lembaga desa dan masyarakat Desa Bareng. “Kirab pusaka Ki Ageng Woroyudho ini selain acara bersih desa juga bentuk melestarikan adat Desa Bareng di setiap tahunnya. Bertujuan supaya masyarakat Desa Bareng bisa guyub rukun, ayem tentrem, sejahtera dan dijauhkan dari musibah dan pagebluk, “Terangnya.

Yahudi juga menyampaikan bahwa kegiatan Kirab pusaka Ki Ageng Woroyudho dalam rangka bersih Desa Bareng kali tidak seperti tahun – tahun sebelumnya, di karenakan di seluruh dunia terutama di wilayah Ponorogo ada wabah corona atau covid – 19. “Kegiatan kali ini tetap tidak mengurangi dari rangkaian prosesi seperti sebelumnya, seperti kirap pusaka ki Ageng Woroyudho, sungkeman di makam dan juga arak arakan tumpeng dan ingkung yang di arak dari rumah Kepala Desa Sampai makam juga diikuti oleh seluruh jarajaran pemerintah desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat juga di ikuti oleh seluruh masyarakat desa bareng, adapun kegiatan tersebut tetap mematuhi protocol kesehatan,“Tandasnya.

Sementara itu, kegiatan Kirab pusaka Ki Ageng Woroyudho juga di hadiri pelestari adat dan budaya Ponorogo sesepuh Sanggar Sarotaman Kabupaten Ponorogo, Gondo Puspito yang menjadi pengagas kirap pusaka tersebut. Gondo Puspito mengatakan tema acara kali ini adalah, “Lampah Mubeng Desa Amorwo Bawono Tolak Pagebluk, Kinirap Pusaka Aji Ki Ageng Woroyudho dan adapun pusaka yang di kirap adalah Kebo Lajer dan Tilam Sari.

Berdasarkan hikayat, menurut sesepuh Sanggar Sarotaman Kabupaten Ponorogo, Gondo Puspito ada tiga makna yang terkandung di dalam tema tersebut, yaitu 1. Lampah Mubeng Desa Amorwo Bawono itu bentuk kegiatan bersih desa Bareng, tolak balak pagebluk atau tolak balak virus korona/ covid -19, Kinirap Pusaka Aji Ki Ageng Woroyudho itu bentuk pelestarian budaya dan adat – istiadat desa bareng. (Mesenan)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *