Home Uncategorized Keutamaan Sholat Sunah Qiamullail.

Keutamaan Sholat Sunah Qiamullail.

Jejakkasustv.com | Qiamullail Adalah: Merujuk kepada amalan beribadah pada malam hari dengan mengerjakan salat-salat sunat seperti salat Sunat Taubat, Tahajjud, Witir dan lain2, serta amalan2 seperti membaca Al-Quran, berzikir, beristighfar, berdoa dan sebagainya. Qiamullail boleh dikerjakan secara berseorangan atau secara beramai-ramai.

Keutamaan Shalat Sunah Qiyamul Lail, Mulai Dari Diangkatnya Derajat Hingga Disediakan Surga, Shalat sunah adalah penyempurna kekurangan shalat wajib. Shalat sunah banyak macamnya. Mulai dari shalat sunah rawatib, shalat sunah qiyamul lail, shalat sunah dhuha, shalat sunah hajat, shalat sunah istikharah, dan lain-lain.

Shalat sunah Qiyamul Lail ini Sahabat Ihram? Karena banyak sekali keutamaan dari shalat Qiyamul Lail ini yang rugi jika kita tinggalkan. Apa saja keutamaan shalat sunah Qiyamul Lail? Simak penjelasan lengkapnya.

Shalat sunah Qiyamul Lail merupakan shalat sunah yang dikerjakan pada malam hari. Ada 2 macam shalat sunah Qiyamul Lail yaitu shalat yang genap yaitu shalat tahajjud dan shalat tarawih yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Serta shalat yang disebut witir yang artinya ganjil.

Berikut ini adalah beberapa keutamaan shalat sunah Qiyamul Lail:

1. Diangkatnya derajat

Orang yang rajin shalat Qiyamul Lail, Allah akan angat derajatnya ke tempat yang lebih tinggi. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Isra ayat 79 yang artinya: “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

2. Ciri orang yang bertakwa yang akan menjadi penghuni surga

Sahabat Ihram, menjadi orang bertakwa adalah pilihan. Termasuk mempersiapkan menjadi penghuni surga adalah pilihan yang harus dipersiapkan, dicapai dan dilakukan apa saja amalan-amalan yang bisa menjadikan kita penghuni surga-Nya yang abadi.

Sebagaimana firman Allah dalam surat Adz-Dzariyat ayat 15—18 yang artinya, “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman (surga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka.

Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar.”

3. Dipermudah melaksanakan tugas berat di siang hari

Semua orang yang bermunajat pada Allah di malam hari (shalat malam) dengan khusyuk, sehingga jiwa akan menjadi tentram, doa dikabulkan, tugas berat dan beban hidup yang akan dihadapi akan terselesaikan berkat pertolongan Allah dengan perantaraan shalat malam.

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Muzammil ayat 6 dan 7 yang artinya, “Sesunguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. Sesungguhnya kamu pada siang hari mempunyai urusan yang panjang (banyak).”

4. Allah sediakan ghurfah bagi orang yang shalat malam ketika orang lain tertidur

Masyallah… begitu agungnya Allah, memberikan balasan bagi orang-orang yang lebih memilih bangun dan bermunajat saat orang lain masih tertidur.

Sebagaimana hadits dari Abdullah bin Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya di surga ada sebuah ghurfah (ruangan) yang terlihat luarnya dari dalamnya, dan dalamnya dari luarnya.” Kami (para sahabat) bertanya, “Untuk siapa itu ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Allah menyiapkannya untuk orang yang memberi makan orang lain, lembut dalam bertutur kata, dan shalat malam ketika orang lain tertidur.” (HR. Ahmad, At-Thabarani dan Al Hakim)

Keutamaan shalat Qiyamul Lail, setiap kita pasti akan sangat rugi jika meninggalkannya. Karena, balasan bagi orang-orang yang memilih bermunajat pada Allah saat orang lain tertidur adalah surga. Semoga bermanfaat dan amalan amalan baik kita diterima Allah SWT. (Pria Sakti Jejakkasustv.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULER

Sidang Lanjutan Gugatan Kepada PT. Griya Mapan Sentosa Memanas

Surabaya | Jejakkasustv.com - Sidang Perkara Gugatan tanah seluas (Dua puluh tiga ribu sembilan ratus meter persegi), yang terletak di sisi pantai tambak wedi...

Ratusan Masa Melakukan Aksi Unjuk Rasa “Menolak Politisasi Demokrasi/ASN”

INDRAMAYU| www.jejakkasustv.com Ratusan massa yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat se-Kabupaten Indramayu, Senin (19/10/2020) sekira pukul 09.00 WIB, mendatangi kantor Dewan DPRD Kabupaten Indramayu,...

Muskerkab Dan Pelantikan Cabor PODSI Kabupaten Mojokerto Resmi Di Kukuhkan.

Jejakkasustv.com | Kabupaten Mojokerto - Jawa Timur – Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (PODSI) Kabupaten Mojokerto priode 2020-2024 telah resmi di lantik oleh...

Sidang Lanjutan Gugatan kepada PT. Griya Mapan Sentosa Terus Memanas

SURABAYA| www.jejakkasustv.com Sidang Perkara Gugatan tanah seluas (Dua puluh tiga ribu sembilan ratus meter persegi), yang terletak di sisi pantai tambak wedi terus memanas...

Recent Comments