Home Lampung Kepedulian kampung Sidomulyo Gelar Rapat pentingnya stunting bersama masyarakat

Kepedulian kampung Sidomulyo Gelar Rapat pentingnya stunting bersama masyarakat

Jejakkasus tv com | Lampung -Pemerintahan Kampung Sidomulyo, Kecamatan Penawartama laksanakan rembuk stunting di Balai Kampung Sidomulyo.

Kegiatan dibuka Kepala kampung Darmanto SH.  Di hadir, Kasi Pemerintahan Kecamatan Penawartama, Kepala Puskesmas Sidoharjo dan Babinkamtibmas Sidomulyo, Pendamping Desa, Ketua BPK serta anggota, Aparatur Kampung Sidomulyo, Bidan,Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM), Kader Posyandu, Kelembagaan kampung, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta lapisan masyarakat lainnya.

Kepala kampung Sidomulyo mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat lebih memahami dan peduli terhadap pentingnya penanganan pencegahan stunting.

Dimana stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

Program rembuk stunting sendiri merupakan program nasional dan sinkronisasi dengan pelayanan sosial dasar ( PSD) Pemerintahan Kampung terang nya.

Dilanjut Kepala Puskesmas Sidoharjo, BP. Erna Kumalahasan menjelaskan stunting adalah suatu kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umur.

“Atau mudahnya, stunting adalah gangguan pertumbuhan pada anak sehingga menyebabkan tubuhnya lebih kerdil,” katanya menjelaskan.

Lebih jauh dikatakannya, cara pertama yang bisa dilakukan untuk anak dengan tinggi badan di bawah normal, yakni dengan memberikannya pola asuh yang tepat.

Dalam hal ini meliputi inisiasi menyusui dini (IMD), pemberian ASI Eksklusif sampai usia 6 bulan, serta pemberian ASI bersama dengan MP-ASI sampai berusia 2 tahun.terangnya

Lanjut Darmanto SH. Ditengah – tengah sesi dilaksanakan tanya jawab serta ususlan solusi tentang permasalahan mengenai stunting di Kampung Sidomulyo. Banyak permasalahan dan usulan yang disampaikan oleh masyarakat.

Semua usulan tentang pencegahan stunting tersebut kemudian dicatat dan diusulkan nantinya ke Musyawarah Rencana Pembangunan Kampung dengan mengedepankan asas mufakat.
Tutup nya . (Aptori tuba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULER

Program Pisew menyasar pada 26 Desa di 13 Kecamatan di tahun 2020

PONOROGO|www.jejakkasustv.com Pada Kamis, (19/11) terpusat di Aula Kecamatan Ngebel sebanyak 6 Kecamatan dari data Penerima Program Pisew telah merealisasikan, menyatakan rampung 100% pekerjaan sehingga...

Rutan kelas II B Menggala Gagalkan Penyludupan Narkoba ke Dalam Warga Binaan

TULANG BAWANG| www.jejakkasustv.com Rutan kelas 2 b Menggala gagalkan penyludupan narkoba jenis sabu sabu,Petugas p2 u Rutan menggala Nanda septianto dan rekan nya Dedi...

Hj. Sri Wahyuni Anggota DPR RI Hari Ini Tandatangani Prasasti Program Kotaku Tahun 2020

PONOROGO Iwww.jejakkasustv.com  Hj. Sri Wahyuni, Anggota Komisi V DPR RI Tandatangani Prasasti Program Kotaku di 6 Kelurahan Wilayah Kabupaten Ponorogo, yang bertempat di pembangunan...

Recent Comments