Home Jawa Barat Karang Taruna Desa Balimbing Akan Demo Besar-Besaran, Kalau Pabrik PT. IPP Tetap...

Karang Taruna Desa Balimbing Akan Demo Besar-Besaran, Kalau Pabrik PT. IPP Tetap Dibiarkan

Jejakkasustv.com | Subang – Jawa Barat – Ketua Karang Taruna Desa Balimbing, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Rian Handri Natayudha, menanggapi bantahan dari PT. Indo Pureco Pratama (IPP) yang disampaikan oleh H. Mubarok. (Baca: https://jejakkasus.info/pt-indo-pureco-pratama-bantah-kata-kata-ketua-karang-taruna-desa-balimbing/)

“Masalah Zona sebenarnya tidak harus diperdebatkan, sebenarnya sudah selesai semua, karena dengan ditentukannya oleh Perda RTRW Kabupaten Subang, bahwa Desa Balimbing, Kecamatan Pagaden Barat, tidak termasuk ke dalam Zona Industri, baik Industri Mikro maupun Industri Makro. Ada Peraturan Presiden (Perpres) dan ketentuan pidananya sudah jelas, jadi selain mencabut izin dan membatalkan perizinan setelah berdirinya bangunan dan bangunan tersebut bisa dibongkar,” ungkap Rian, Senin (9/9/2019) siang di Desa Balimbing.

Yang sekarang jadi pertanyaan, menurut Rian, apakah pejabat terkait yang berwenang mengeluarkan izin tersebut, mengeluarkan atau tidak izin pabrik atas nama PT. IPP?.

“Kalau misalkan mengeluarkan izin, berarti pejabat itu sudah melanggar aturan dan bisa dipidana.
Makanya dari dulu juga sudah saya sampaikan kepada Sekda (Sekretaris Daerah) dan Bupati Subang untuk segera melakukan investigasi, apakah benar atau tidak?,” ujar Rian.

Diakui Rian ada pernyataan dari Haji Mubarok, katanya sudah melakukan sosialisasi.
Sebelum pengusaha melakukan sosialisasi, dari pihak Karang Taruna mengajak audiensi dan akan menanyakan sejauh mana perizinan tersebut.”Tapi pada waktu itu yang hadir hanya dari Camat Pagaden Barat, Kapolsek Pagaden, Kepala Desa Balimbing, beberapa Tokoh RT/ RW, dan BPD, justru yang tidak hadir itu dari pengusaha,” papar Rian.

“Makanya waktu itu saya bikin ‘statement’ di Facebook.
Selang beberapa hari setelah itu, PT. IPP langsung mengadakan sosialisasi,” tambah Rian.

Menurut Rian, PT. IPP melakukan sosialisasi dilakukan setelah bangunan pabrik berdiri. “Di rekan-rekan Karang Taruna malah ada rekaman vidionya. Menurut saya itu bukan sebuah sosialisasi, karena sosialisasi seharusnya dilakukan jauh-jauh hari sebelum proses pembangunan pabrik mulai dilakukan. Sampaikan kepada masyarakat dampaknya seperti apa, terus limbah yang akan terjadi seperti apa, terus tanyakan pada masyakat menerima atau tidak?. Kalau masyarakat tidak menerima, berarti tidak bisa mendirikan pabrik.
Sosialisasi dilakukan setelah bangunan pabrik dikerjakan hampir mencapai 80 persen dari keseluruhan rencana bangunan tersebut,” papar Rian.

Rian berharap Pemda Subang, agar dapat segera melakukan tindakan penertiban.”Kami menuntut kepada Pemerintah, karena saya Karang Taruna tidak bisa langsung mencabut izin, sebab kita bukan pihak terkait perizinan. Pemerintah harusnya mengambil tindakan tegas, segera melakukan tindakan. Aturan hukumnya sudah jelas, undang-undang yang mengatakan, bahwa itu ada ancaman pidananya,” ungkap Rian.

Kami akan melakukan aksi demo kalau misalkan pabrik itu tetap dibiarkan, demo besar-besaran dengan tuntutan dari Karang Taruna menolak apapun alasannya.”Tidak ada kompromi, pokoknya kami menolak,” tegasnya.

Pernyataan Rian diperkuat oleh salah satu Tokoh Masyarakat, Dadus Sunaryo. Dadus menyatakan perusahaan itu harus melakukan sosialisasi dan izinnya, itu yang penting.”Bisa nggak keluar izin, seperti Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), Amdal Lalin (Lalulintas), terus izin IMB (Izin Mendirikan Bangunan)nya. Terus dikaji, nanti sejauh mana limbahnya, apakah ini termasuk limbah berat atau limbah ringan. Nah aturan itu yang harus disosialisasikan,” imbuh Dadus. (Aahamzah/Erdan Faizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULER

HBD atau Happy Birthday Pimpinan Redaksi Media Cetak dan Online Jejakkasustv.com yang Ke 47 tahun.

Jejakkasustv.com | Mojokerto – Jawa Timur – Minggu 18 Oktober 2020 merupakan hari Ulang tahun Bapak Supriyanto als ilyas Pimpinan Redaksi Media Cetak dan...

Padat Karya Sembako Program Marasa Desa Rambusaratu Telah di Salurkan

MAMASA| Program Marasa merupakan program lokal provinsi Sulawesi barat yang mendukung upaya pembangunan dan peningkatan status desa. Program marasa menjadikan indeks desa membangun (...

Kuwu Desa Kertasura H. Jadiya Hadiri Panen Raya Padi di Blok 2 Warga Jilawe

CIREBON| Untuk mendukung ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, Kepala Desa (Kuwu) Kertasura, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, H. Jadiya bersama perangkat...

Cabup Nomor Urut 2 Kunjungi Salah Satu Pasar di Wilayah Kabupaten Ponorogo

PONOROGO|  Dinginnya udara malam, tak membuat surut semangat bakal Calon Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni bersama timses dan relawannya di saat berkunjung di...

Recent Comments