Kapolres Situbondo Penuhi Janji Penertiban Illegal Mining

  • Whatsapp

Situbondo | Jejakkasustv.com – Penuhi janji penertiban Illegal Mining yang mana kerusakan lingkungan akibat Penambangan Liar di Kabupaten Situbondo. Hal ini menjadi perhatian serius dari Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono SH, SIK, MH.

Sejak memegang tongkat komando di Polres Situbondo Kapolres sudah memberikan atensi terhadap Penambang Liar ini. Segala upaya sudah di lakukan Kapolres bersama jajarannya agar Penambang Liar di Situbondo berhenti melakukan aktivitasnya dari upaya Persuasif melalui Dialog, Preventif dan Perventif yang di tingkatkan ke beberapa penambang yang di tengarai illegal di Situbondo.

Read More

Berdasarkan laporan dari masyarakat terkait kembali beraktifitasnya tambang di jalan tembus Desa Sumberkolak milik penambang berinisial T, Kapolres langsung memerintahkan Kasat Reskrim Polres Situbondo mengecek kebenaran informasi tersebut. Minggu, (28/07/2019).

Kasat Reskrim AKP Masykur, SH membenarkan kepada Team S One, “Satu orang sopir dan satu kenek kami mintai keterangannya dan membenarkan bahwa akan mengangkut material dari tambang tersebut, kami akan mendalami terus seseuai perintah Bapak Kapolres dan saya tegaskan kembali bahwa kami tidak akan main-main dengan Penambangan liar, satu unit Dum Truk kami amankan untuk proses lidik lebih lanjut”.

Sosok Kapolres yang ganteng dan low profil ini tak segan-segan datang mengecek langsung beberapa titik lokasi penambangan di Kabupaten ini.

Menurut AKBP Awan Hariono menjelaskan kepada Team S One, “Saya tidak hanya mendapatkan laporan dari bawahan tapi saya terjun langsung ke lokasi-lokasi yang di duga di lakukan oleh Penambang liar, dan memang sangat mengerikan kerusakannya”.

Kapolres mengaku, “Kenapa Polres Situbondo melakukan tahapan tahapan sebelum melakukan tindakan tegas, karena saya berharap Penambang yang tak berijin untuk segera mengurusi perijinan secara lengkap sebelum melakukan penambangan”, ungkapnya.

Dikarenakan penambang-penambang liar ini masih bandel melakukan perbuatan yang sangat merugikan terhadap lingkungan, hal ini juga sesuai dengan pengamatan team S One yang sering melakukan peliputan di area- area penambangan yang masih aktif beroperasi dan tak mengindahkan anjuran Kapolres. Bisa di katakan melakukan kucing-kucingan dengan Pihak Penegak Hukum.

Lanjut Kapolres, “Oleh karena itu kami akhirnya melakukan tindakan tegas dengan kami dahulukan tindakan penertiban yang sudah kami lakukan beberapa minggu yang lalu”.

Kapolres menambahkan, “Benar, ternyata setelah saya pimpin langsung sidak tersebut terbukti ada aktivitas penambangan meskipun operator pada waktu itu sudah tidak ada di lokasi namun mesin alat berat yang di gunakan masih panas ini bukti bahwa mesin alat berat tersebut baru di gunakan”.

Sementara itu di tempat terpisah, Ketum GP Sakera Situbondo, Syaiful Bahri mengapresiasi keseriusan Kapolres, “Ini bukti nyata jika memang ada kesungguhan dari Pimpinan maka semua akan bisa di atasi, kami sebagai rakyat dan lembaga sangat bersyukur memiliki Kapolres yang selalu memperhatikan keluhan masyarakat dengan berpegang teguh kepada Undang-undang yang berlaku”, pungkasnya. (St1)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *