Home Jawa Barat Diduga Pekerjaan Rijit Jalan Dangdeur - Gambar Sari Tidak Memakai Dowel, Jalan...

Diduga Pekerjaan Rijit Jalan Dangdeur – Gambar Sari Tidak Memakai Dowel, Jalan Beton Berpotensi Pecah!!!

Jejakkasustv.com l | Subang – Pekerjaan peningkatan Jalan Kabupaten, Dangdeur – Gambar Sari menimbulkan reaksi dari beberapa Tokoh Masyarakat setempat.

Diantaranya disuarakan oleh Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Poros Tengah Subang (LSM Protes) Indonesia, Dadus Sunaryo, kepada JK TV Subang, Senin (9/9/2019) siang, di Sekretariat DPP Protes Indonesia, Jalan Palabuan No.12 Subang.

Menurut Dadus di Ikatan Kontrak Kerja (IKK) disebutkan bahwa pekerjaan itu dikerjakan seharusnya sebelah-sebelah.”Kalau mau disekaliguskan harus bikin jalan alternatif,” tegasnya.

“Rata-rata Pemborong ingin sekaligus, karena apa?, kalau sekaligus, saya yakin tidak pakai Dowel. Dowel itukan berbahan besi 16 mm yang spiral, sedangkan untuk pekerjaan seribu meter, kurang lebih itu bahan Dowelnya membutuhkan besi 16 ton loh,” lanjut Dadus.

Menurut temuan Dadus rata-rata setelah dikaji, jalan ini tidak pakai Dowel.”Kalaupun disekaliguskan, kan harus dicutting, karena beban kendaraan itu tidak sama, tujuannya untuk menghindari (cor/beton) pecah. Apalagi Onderlag (Talford) kayaknya di Rencana Anggaran Biaya (RAB) ada itu, Onderlag memakai batu 15 cm, Itu jarang dipakai.

Kalau saya lihat rata-rata rijit itu tidak menggunakan Dowel, karena ingin cepat selesai pekerjaannya.

Kalau ingin cepat ya jangan pakai mutu beton K-350 (Kg/m2) (setara satuan mutu beton fc 29.05 mpa) lah, pakai D7 aja, bisa 3 hari langsung diinjak juga kan, kalau ingin cepat tidak mau menyediakan ‘jalan alternatif’, karena kan tidak disediakan jalan alternatif. Masyarakat sengsara bahkan banyak yang celaka, kemarin orang Kampung Kukulu menubruk pohon dan barangkal, sampai saat ini patah kakinya, bagaimana tanggung jawabnya?, tidak ada,” paparnya.

Ketika ditanya perusahaan yang mengerjakan pekerjaan tersebut, Dadus menjawab.
“Saya tengok Papan Nama Pekerjaannya tidak ada, katanya roboh ada yang bawa. Saya tidak melihat Papan Nama disitu, tapi ada di bagian dokumen, Seksi Investigasi LSM Protes, saya ada data itu yang dikerjakan oleh Haji Zein dan yang dikerjakan oleh Koko,” jawabnya.

Dalam pekerjaan tersebut Dadus mengeluhkan beberapa temuan yang dikeluhkannya.
“Kan baru 3 hari selesai pengecoran, sekarang sudah dibuka (dipakai untuk berlalulintas), sudah selesai.
Kalau Laboratorium Dinas Pekerjaan Umum berani PHO (Provisional Hand Over/Serah Terima Pertama), saya pertanyakan PHO-nya, apa yang menjadi materi PHO-nya?
Temuannya di saya ada bukti-buktinya pekerjaan tersebut tidak sesuai ukuran, Dowelnya gak dipasang.
Saya juga mau mempertanyakan, pekerjaan ini Pengawas-nya ke mana?
Ketika saya di lapangan menemukan hal-hal yang kurang sesuai dengan Spek (Spesifikasi), mau konfirmasi temuan itu nggak ada Pengawas. Namanya mah ada ‘si Anu’ tapi saya cari nggak ada,” ungkapnya.

“Peningkatan Jalan Dangdeur – Gambar Sari, terutama yang berlokasi di Batununggul, Kampung Kebon Jeruk itu parah,” ungkap Dadus lagi. (Aahamzah/Erdan Faizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULER

Ratusan Masa Melakukan Aksi Unjuk Rasa “Menolak Politisasi Demokrasi/ASN”

INDRAMAYU| www.jejakkasustv.com Ratusan massa yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat se-Kabupaten Indramayu, Senin (19/10/2020) sekira pukul 09.00 WIB, mendatangi kantor Dewan DPRD Kabupaten Indramayu,...

Sidang Lanjutan Gugatan Kepada PT. Griya Mapan Sentosa Memanas

Surabaya | Jejakkasustv.com - Sidang Perkara Gugatan tanah seluas (Dua puluh tiga ribu sembilan ratus meter persegi), yang terletak di sisi pantai tambak wedi...

Ipong – Bambang Terus Jalin Silaturrahmi Tidak Menyebar Berita Hoax dan Kebencian

PONOROGO|  Cabup -Cawabup Ponorogo, Ipong Muchlissoni - Bambang Tri Wahono kali ini melakukan silaturahmi bersama Pengurus Daerah ‘Aisyiyah di Kantor Pengurus Daerah Aisyiyah, Kamis...

HBD atau Happy Birthday Pimpinan Redaksi Media Cetak dan Online Jejakkasustv.com yang Ke 47 tahun.

Jejakkasustv.com | Mojokerto – Jawa Timur – Minggu 18 Oktober 2020 merupakan hari Ulang tahun Bapak Supriyanto als ilyas Pimpinan Redaksi Media Cetak dan...

Recent Comments