Home Majalengka Adat Munjungan "Makbaroh Astana Buyut Panjang" Desa Paningkiran Kecamatan Sumberjaya

Adat Munjungan “Makbaroh Astana Buyut Panjang” Desa Paningkiran Kecamatan Sumberjaya

Jejakkasustv.com | Majalengka –  Sebagai bangsa yang kaya khasanah seni dan budaya tidak melupakan warisan budaya leluhur. Itulah sebabnya Pemerintah Desa (Pemdes) Paningkiran. Menggelar upacara adat Unjungan di tempat Pemakaman umum (TPU) “Makbaroh Astana buyut Panjang”, diblok loji, Desa Paningkiran kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, provinsi Jawa Barat. Kamis 3/9/2019.

Antusiasme masyarakat Desa paningkiran, dalam menyambut unjungan buyut panjang, dari pagi hari sampe sore hari sebelum bahkan sesudah acara adat ratusan, masyarakat Paningkiran datang ke tempat acara adat unjungan “Mahbaroh Astana buyut panjang”, dengan membawa masing-masing tumpeng beserta lauk pauknya dan untuk dido’akan kepada Allah Swt, untuk mendapatkan keberkahan bagi masyarakat Paningkiran dan oleh panitia lauk pauk, macam masakan di bagikan kembali dengan menu berbeda dari awal mereka bawa dari rumah, saling bertukar, itu adat atau simbol kebersamaan, kerukunan, kemakmuran dan Rasa syukur kepada Allah swt, atas nikmat yang telah diberikan.

Dilanjukan acara malam hari sekitar pukul 20.30 WIB S/d selesai, dengan kirim do’a dan tahlilan bersama, bertempat di halaman” Makbaroh Astana Buyut Panjang” turut dihadiri Kepala Desa dan jajarannya, Masyarakat, Sesepuh desa, serta tokoh Adat, diakhir tahlil dan do’a bersama, masyarakat disuguhi dengan penyegaran Rohani dengan Mubaligh” Bpak.KH.Salamun” dari Cirebon, dari pantauan awak Media yang kebetulan ikut hadir dalam acara unjungan tersebut, acara berlangsung sangat khusu dan hidmat, dan langsung ditutup dengan pembacaan do’a.

Disela-sela acara ketua Jupel (Buyut Panjang dan Buyut Raksabaya) Desa paningkiran, H.Ade thomas Purbadi.SH, menjelaskan pada awak Media Jejakkasustv.com, bahwa upacara adat Unjungan itu rutin dilaksanakan setiap tahun, lokasinya berpindah-pindah dari Satu TPU ke lokasi TPU yang lain, hal ini sebagai representasi atas wujud syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat dan rezaki yang telah diberikan…amin, juga mendo’akan para leluhur yang sudah medahului kami,”ucapnya.

“Mudah-mudahan dengan digelarnya Unjungan itu makin mempererat kerukunan di antara warga. Selain itu sebagai upaya melestarikan budaya lokal yang diwariskan dari para leluhur kita. Semoga Unjungan ini tetap dicintai para generasi muda,” harapnya.

Jejakkasustv.com/Jabar.
( Yudi Hidayat).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULER

Recent Comments